Latest Stories


5 Tahapan Umum Cara Klaim Asuransi Prudential

Asuransi Prudential sampai saat ini masih menjadi primadona di dunia asuransi Indonesia. Selain karena aksesnya yang cukup mudah, Prudential juga menyediakan banyak jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum memilih untuk menjadi nasabah di Prudential ada baiknya Anda menyimak beberapa langkah dan tahapan cara klaim asuransi Prudential berikut ini.

Tahap Pertama: Pengajuan Klaim

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin mengajukan klaim adalah mengisi formulir klaim yang bisa Anda dapatkan melalui situs resmi Prudential. Formulir ini diisi oleh tertanggung atau pemegang polis dan dapat pula diisi oleh ahli waris jika jenis klaimnya merupakan asuransi jiwa.

Umumnya, formulir pengajuan ini memerlukan surat keterangan dokter sebagai salah satu syarat pengajuan klaim. Anda juga bisa langsung menyerahkan print out formulir pengajuan tadi pada dokter Anda selama masa pengobatan. Cara ini lebih menghemat waktu karena Anda tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit saat akan mengajukan klaim ke Prudential.

Tahap Kedua: Pengumpulan dan Penyerahan Dokumen Penunjang

Setelah mengisi formulir klaim, Anda perlu mengumpulkan dokumen-dokumen penunjang yang akan diserahkan beserta dengan formulir tadi. Dokumen-dokumen tersebut meliputi surat keterangan dokter, kwitansi asli biaya pengobatan, hasil laboratorium dan hasil rekam medis. Anda juga perlu melampirkan laporan kepolisian jika klaim terkait dengan kecelakaan.

Ada baiknya Anda mempersiapkan dokumen-dokumen penting di atas sesegera mungkin. Hal ini terkait juga dengan batas waktu klaim yang berbeda-beda untuk tiap jenis asuransi sesuai dengan manfaat yang Anda peroleh. Pastikan lagi berkas-berkas tersebut lengkap sehingga dapat diproses dengan cepat.

Tahap Ketiga: Proses Validasi oleh Pihak Perusahaan

Setelah semua berkas yang diperlukan telah Anda serahkan, selanjutnya berkas-berkas tersebut akan mengalami proses validasi oleh pihak Prudential. Pihak perusahaan akan melakukan validasi dan verifikasi terhadap berkas-berkas yang diajukan. Proses verifikasi ini bisa melibatkan pemegang polis, ahli waris, tertanggung dan dokter serta rumah sakit.

Masa tunggu proses verifikasi ini berbeda-beda tergantung dengan jenis asuransi yang Anda pilih. PRUmed yang meng-cover biaya rumah sakit tertanggung diproses dalam waktu 7 hari, PRUhospital and surgery cover yang menggunakan sistem reimbursement membutuhkan waktu 8 hari. Sedangkan klaim meninggal dunia membutuhkan waktu 20 hari pemrosesan.

Tahap Keempat: Pemberitahuan Hasil Validasi

Setelah melalui masa tunggu sesuai dengan jenis asuransi yang Anda klaim, maka pihak Perusahaan akan memberitahukan apakah klaim Anda diterima atau ditolak. Jika hasil verifikasi dan validasi tersebut sesuai dengan ketentuan, maka pihak perusahaan akan memproses pembayaran klaim Anda.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan klaim asuransi Anda ditolak. Mungkin saja klaim yang Anda ajukan merupakan pengecualian dalam polis, tidak memenuhi kriteria klaim atau adanya penyembunyian fakta juga pemberian keterangan yang tidak lengkap. Klaim juga bisa ditolak jika Anda mengajukannya dalam masa tunggu.

Tahap Kelima: Pembayaran Klaim pada Nasabah

Setelah melalui proses validasi dan verifikasi, jika klaim Anda diterima maka pihak Prudential akan segera membayarkan manfaat asuransi sesuai dengan klaim yang Anda ajukan. Biasanya pihak Prudential akan langsung melakukan transfer kepada pemegang polis, tertanggung atau ahli waris yang mengajukan klaim.

Cara klaim asuransi Prudential ini memang memerlukan tahap yang cukup lama. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis asuransi dengan manfaat yang paling Anda perlukan juga perhatikan detail-detail keterangannya lebih lanjut. Pastikan berkas dan dokumen yang Anda serahkan pada pihak perusahaan sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan.

Itulah beberapa tahapan utama dalam cara klaim asuransi Prudential. Jika Anda memerlukan bantuan dalam pengurusan klaim atau ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang asuransi Prudential, Anda dapat mengunjungi website dokter.my yang akan membantu Anda mengklaim polis asuransi yang Anda miliki.

Categories: ,

Leave a Reply