Latest Stories


Tips Agar Tinggal di Apartemen Jadi Nyaman dan Bikin Betah
Akhirnya, Anda memutuskan untuk tinggal ataupun memutuskan sewa apartemen. Setelah menerima kunci apartemen dan mulai tinggal di sana, Anda mungkin belum langsung merasa nyaman dan betah.
Dengan beberapa langkah sederhana Anda bisa ciptakan apartemen yang membuat Anda betah tinggal di dalamnya.
Berikut ini beberapa saran untuk membuat hunian lebih menarik meski ukuran apartemen Anda tidak terlalu besar:
#1. Bersihkan ruangan untuk memberi kesan nyaman
Tak ada yang membuat sebuah hunian terasa lebih besar selain dengan membersihkannya. Pastikan lantai bersih dari sampah. Rapikan barang yang tidak tertata. Singkirkan benda tidak terpakai. Apartemen Anda akan terasa lebih besar bila rapi, percayalah.
#2. Udara segar di dalam ruangan
Ruang yang kecil akan terasa semakin kecil bila sumpek. Coba buka jendela. Biarkan udara masuk. Bila tidak ada sirkulasi udara, Anda perlu gunakan kipas angin. Bila ada ruangan yang terasa gelap, tambahkan lampu, cermin, atau lilin. Ruangan yang terang membuat pikiran terasa lapang. Lagi pula, ini tidak akan memakan banyak biaya dan Anda bisa merasakan kesan berbeda pada ruangan yang Anda huni.
#3. Keluar ruangan
Mungkin terdengar aneh, untuk merasa lebih bahagia dan betah di apartemen Anda perlu keluar. Tapi faktanya, Anda tidak hanya tinggal di apartemen, Anda tinggal di bumi. Nikmatilah. Anda bisa jalan-jalan atau naik sepeda. Lihat cakrawala, lihat langit. Ingat betapa besar dunia ada di luar sana, menanti Anda.
#4. Hangatkan ruangan dengan makanan dan teman
Hanya karena Anda tinggal di ruangan yang tidak begitu luas, tidak berarti Anda harus kesepian. Ramaikan suasana apartemen Anda dengan mengundang teman.  Dan Anda akan merasa lebih hidup. Ini tidak harus berupa pesta makan malam. Cukup undang beberapa teman untuk menonton film sambil makan popcorn.
#5. Pikirkan apa yang membuat apartemen Anda spesial
Setelah menerima kalau apartemen Anda sekarang adalah rumah Anda, mulailah berpikir tentang apa yang bisa Anda lakukan yang mungkin tidak Anda lakukan di tempat tinggal sebelumnya.
Apakah apartemen ini butuh tirai jendela baru? Bisakah meletakkan TV di tempat berbeda? Apakah dapur memiliki cukup ruang untuk Anda bereksperimen memasak? Dengan cara ini Anda mulai membangun rasa memiliki terhadap apartemen Anda.
#6. Sedikit padu-padan
Jangan membeli semua furniture dari satu toko.  Kecuali Anda ingin hunian Anda seperti toko furniture. Anda bisa padankan gaya yang berbeda. Memadukan benda yang berbeda menciptakan tekstur visual, yang akan membuat ruangan lebih menarik dan lebih nyaman.
#7. Isi apartemen dengan barang yang ingin Anda sentuh
Kursi dengan material kulit, meja kayu antik, bantal yang empuk, karpet berpola, serta benda dengan banyak tekstur, menarik untuk dipegang dan disentuh, sekaligus menambah kehangatan pada ruangan Anda.
#8. Gunakan warna hangat
Tiap warna punya mood masing-masing. Warna yang lebih tenang membuat ruangan terasa lebih luas dan bersirkulasi. Warna hangat menimbulkan efek sebaliknya, membuat ruangan lebih kecil. Tiap warna, termasuk hitam dan putih, bisa menciptakan efek tenang dan hangat.
#9. Pencahayaan
Salah satu faktor penting dalam tampilan sebuah ruangan yang biasanya kebanyakan orang tidak sadari adalah  pencahayaan. Kadang Anda terpesona oleh gambar ruangan yang cantik di majalah, dan akhirnya menyadari kalau Anda bukan menyukai benda-benda yang ada di sana tapi Anda menyukai pencahayaannya.
Ini terutama penting di ruang tamu. Sebaiknya gunakan banyak sumber cahaya. Yang lebih besar untuk ruang berkumpul, yang lebih kecil untuk area yang lebih intim.
#10. Tambahkan unsur metal
Unsur metal seperti tembaga, perunggu, kuningan, atau emas bisa membuat suasana ruangan jadi hangat. Anda bisa gantungkan panci tembaga pada dinding sebagai display.
Anda bisa dengan mudah temukan benda logam antik. Bila perlu dipoles, gunakan sedikit garam di bagian permukaan benda logam dan gosokkan lemon di atasnya. Anda bisa juga gunakan cat warna tembaga untuk memberi tampilan baru pada benda logam yang Anda miliki.
#11. Berhenti mencari dan memimpikan tempat tinggal yang lebih besar
Anda mungkin berpikir untuk pindah karena merasa tinggal di apartemen yang kecil. Mengingat harga rumah tapak (landed house) di ibukota harganya yang semakin mahal, tinggal di apartemen bisa menjadi pilihan yang dirasa masuk akal. Banyak dari beberapa kalangan seperti pebisnis, pengusaha, bahkan kalangan generasi millenial pun mencoba tinggal di apartemen, sebut saja seperti  Youtuber Kevin Hendrawan yang tinggal di apartemen Green Pramuka City. Alasan Kevin memutuskan untuk sewa apartemen Green Pramuka City salah satunya adalah mudahnya mencari hiburan di Green Pramuka Square yang terintegrasi langsung dengan apartemen.

Categories: ,

Leave a Reply