Latest Stories

Cara Mengobati Alergi Kulit Dengan Dan Tanpa Obat

Alergi yang muncul pada kulit dapat berkembang menjadi semakin parah hanya dalam hitungan menit. Walaupun sebagian besar reaksi alergi yang muncul hanya berupa reaksi alergi ringan, anda tidak boleh menurunkan kewaspadaan anda karena sewaktu-waktu reaksi alergi tersebut dapat menjadi semakin parah. Reaksi alergi yang ringan dapat berupa gatal-gatal pada kulit, munculnya kemerahan pada kulit, bengkak. Sedangkan reaksi alergi yang berat dan dapat membahayakan jiwa disebut sebagai reaksi anafilaksis seperti kesulitan bernapas akibat saluran pernapasan terganggu karena tenggorokan bengkak. Agar reaksi alergi tidak bertambah parah, anda harus tahu cara mengobati alergi kulit mulai dari reaksi alergi yang ringan hingga yang berat. Namun sebelum itu tentu saja anda harus tahu penyebab dari alergi tersebut alias pemicu alerginya. Apabila anda tidak mengetahui pemicu alergi, lebih baik untuk ke dokter terlebih dahulu untuk dilakukan tes alergi. Dengan begitu anda menjadi lebih  mudah untuk menghindari penyebab alergi (alergen).

Alergi pada kulit disebut juga sebagai dermatitis kontak alergi, penyebabnya bisa bermacam-macam namun biasanya berupa zat-zat yang dapat dengan mudah ditemukan dan sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Namun tubuh pengidap alergi akan salah mengidentifikasi zat tersebut sebagai suatu hal yang berbahaya sehingga sistem kekebalan tubuh akan memproduksi antibodi untuk mengeliminasi zat berbahaya tersebut yang akhirnya akan menimbulkan reaksi alergi. Orang-orang yang memiliki kulit sensitif juga rawan untuk mengalami alergi terutama alergi pada kulit seperti munculnya kemerahan dan juga gatal-gatal. Cara mengobati alergi kulit tidaklah sulit, yang paling penting dan harus diingat adalah untuk menghindari penyebab alergi tersebut. Berikut adalah beberapa yang biasanya menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang perlu anda waspadai.

  1. Produk kosmetik yang tidak cocok di kulit seperti lipstik, deodorant, shampo, sabun, cat rambut, bedak dan lain sebagainya.
  2. Produk pembersih seperti deterjen, pembersih lantai, sabun cuci piring dan lain sebagainya.
  3. Obat-obatan seperti antibiotik menjadi salah satu obat-obatan yang paling banyak menyebabkan reaksi alergi.
  4. Lateks atau bahan baku yang digunakan untuk membuat balon dan juga sarung tangan karet.
  5. Tanaman mulai dari serbuk sari, daun, batang dan bagian tanaman lainnya.
  6. Aksesoris dari logam seperti emas kerap kali menimbulkan alergi pada kulit.

Untuk mengatasi alergi pada kulit seperti gatal-gatal maupun kemerahan dan reaksi alergi lainnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari menggunakan obat-obatan hingga tanpa menggunakan obat. Berikut adalah beberapa cara mengobati alergi kulit yang perlu anda ketahui untuk meringankan reaksi alergi.

1.  Gunakanlah pakaian yang lembut, karena pakaian yang kasar dan berserat seperti wol dapat menggesek kulit yang gatal dan menyebabkan rasa gatal menjadi semakin parah. Pakaian yang ketat juga dapat memperparah ruam.

2.  Mandi dengan air dingin tidak hanya dapat mengurangi rasa gatal, namun juga dapat mengurangi ruam kemerahan pada kulit. Berendam dengan air dingin yang dicampur dengan minyak juga baik untuk kulit yang gatal, minyak-minyak yang dapat digunakan berupa chamomile atau lavender. Jika setelah mandi masih terasa gatal, anda dapat mengkompres area yang gatal dengan handuk dingin, dan setelah itu oleskan pelembab. Hindari mandi dengan air panas karena dapat membuat reaksi alergi pada kulit semakin parah.

3. Jika anda memiliki tanaman lidah buaya di pekarangan rumah anda, anda bisa memanfaatkan gel tumbuhan tersebut untuk membantu mengurangi rasa gatal. Potong lidah buaya dan oleskan secukupnya ke area kulit yang gatal. Jika anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, anda dapat membeli produk lidah buaya yang sudah diolah dan dapat dengan mudah anda temukan di toko-toko terdekat. Perlu diingat untuk tidak mengoleskan lidah buaya pada kulit yang iritasi ataupun luka terbuka karena dapat menyebabkan infeksi dan luka menjadi semakin parah.

Selain 4 cara di atas, masih ada cara mengobati alergi kulit yang bisa anda lakukan dengan menggunakan obat-obatan. Obat alergi hanya bisa didapat dengan resep dokter, obat yang biasa diberikan untuk alergi terutama reaksi alergi berupa gatal-gatal adalah antihistamin. Karena reaksi alergi tersebut disebabkan oleh histamin yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan alergen (zat pemicu alergi yang diidentifikasikan tubuh sebagai zat berbahaya). Obat anti yang biasa diresepkan oleh dokter adalah sebagai berikut.

1.     Loratadine
Merupakan antihistamin generasi kedua yang tidak menyebabkan kantuk dan cukup dikonsumsi satu kali saja dalam sehari.

2.    Cetirizine
Sama seperti loratadine, cetirizine merupakan antihistamin generasi kedua yang tidak menyebabkan kantuk. Bila dibandingkan dengan loratadine, efek sebagai anti alergi cetirizine lebih baik terutama untuk mengatasi reaksi alergi berupa gatal-gatal. Banyak bentuk sediaan yang dijual di pasaran, mulai dari tablet, drop (tetes) dan juga sirup.

Categories:

Leave a Reply